BLOK PERDAGANGAN ARAB

10:50:00 PM

Histori Dari Pembentukan Blok Perdagangan Arab
                CCASG (Cooperation Council for the Arab States of the Gulf) atau juga biasa disebut  GCC (Gulf Cooperation Council) adalah persatuan politik dan ekonomi dari                      negara-negara Arab yang berbatasan dengan Teluk Persia dan terletak di atau dekat Semenanjung Arab. Sekretaris Jenderal dalam CCASG antara lain:
1)      Abdullah Bishara, Kuwait, 26 Mei 1981-April 1993;

2)      Fahim bin Sultan al-Qasimi, Uni Emirat Arab, April 1993-April 1996;
3)      Jamil ibn Ibrahim al-Hujailan, Saudi Arabia, April 1996-31 Maret 2002;
4)      Abdul Rahman ibn Hamad al-Attiyah, Qatar, 1 April 2002-sekarang.
            Pada tanggal 6 Maret 2012, enam anggota CCASG mengumumkan bahwa Dewan Kerjasama Teluk akan berkembang dari sebuah blok regional untuk konfederasi, dalam menanggapi kemungkinan kerusuhan demokrasi Arab dan meningkatkan pengaruh Iran di wilayah tersebut. Usulan ini sangat didukung oleh Arab Saudi, namun keraguan yang telah diajukan oleh negara-negara lain. Dewan Kerjasama Teluk terdiri atas 630 juta hektar (2.500.000 km2) negara Teluk Persia, didirikan di Abu Dhabi pada tanggal 25 Mei tahun 1981. Perjanjian ekonomi terpadu antara negara-negara Dewan Kerjasama Teluk ditandatangani pada tanggal 11 November 1981 di Abu Dhabi. Negara-negara ini sering disebut sebagai GCC Amerika.
Pemukiman manusia yang paling awal dikenal di Uni Emirat Arab (UEA) tanggal dari periode Neolitik, 5500 SM. Pada tahap awal, ada bukti interaksi dengan dunia luar, terutama dengan peradaban di utara di Persia. Kontak ini bertahan dan menjadi luas, mungkin didorong oleh perdagangan di tembaga dari Pegunungan Hajar, yang dimulai sekitar 3000 SM. Perdagangan internasional, motif berulang dalam sejarah daerah strategis ini, berkembang juga pada masa kemudian, difasilitasi oleh domestikasi dari unta pada akhir milenium kedua SM. Dengan lalu lintas darat AD kafilah abad pertama antara Suriah dan kota-kota di Irak selatan dimulai. Ada perjalanan yang berlayar di laut ke pelabuhan penting Omana (mungkin saat ini Umm al-Qaiwain) dan kemudian ke India. Rute ini adalah sebuah alternatif untuk rute Laut Merah yang digunakan oleh Roma. Mutiara yang telah dieksploitasi di daerah selama ribuan tahun namun saat ini perdagangan mencapai ketinggian baru. Pelayaran juga merupakan andalan dan Pameran besar ini diselenggarakan di Dibba, mendatangkan pedagang dari sejauh Cina.
Negara-negara bagian di Arab (lebih dikenal sebagai Emirat Arab) di sepanjang pesisir pantai Teluk Persia memberikan hak pertahanan dan urusan luar kepada Kerajaan Britania Raya pada abad kesembilan belas.  Emirat Arab berpenduduk sebanyak 4 juta jiwa dan 1,6 juta jiwa yang bukan warganegara dengan 50% darinya datang dari Asia Selatan. Kebanyakan masyarakat pribumi datang dari keturunan Persia. Tingkat pertumbuhan penduduknya rendah dibandingkan negara-negara tetangganya. Hampir semua rakyat di Uni Emirat Arab Muslim. Sekitar 80% penduduknya bisa membaca dan menulis.
Perjanjian perbatasan di antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi pada tahun 1974 dan 1977 tidak pernah disebarkan kepada umum. Oleh sebab itu, perbatasan yang tepat untuk kedua negara hanya diketahui oleh pemerintahan masing-masing. Uni Emirat Arab mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan masyarakat Arab lain di seluruh dunia. Pemerintah berdedikasi untuk mempertahankan unsur-unsur tradisional dalam kesenian dan kebudayaan termasuk melalui Yayasan Kebudayaan Abu Dhabi. Perubahan dalam kehidupan sosial juga berubah - perasaan terhadap kaum wanita sedang berubah, dan olahraga-olahraga baru sedang terkenal di samping balap unta.


 Member (Anggota), Atau Full Member, Ataupun Yang Masih Observer Members (Anggota Peninjau)
Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk, juga dikenal sebagai Gulf Cooperation Council (GCC), adalah kesatuan politik dan ekonomi dari negara-negara Arab yang berbatasan dengan Teluk Persia dan terletak di atau dekat Semenanjung Arab,                                    yaitu Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Yordania dan Maroko telah diundang untuk bergabung dengan dewan.
Pada tanggal 6 Maret 2012, enam anggota GCC mengumumkan bahwa Dewan Kerjasama Teluk akan berkembang dari sebuah blok regional untuk konfederasi, dalam menanggapi kemungkinan kerusuhan demokrasi Arab dan meningkatkan pengaruh Iran di wilayah tersebut. Usulan ini sangat didukung oleh Arab Saudi, namun keraguan yang telah diajukan oleh negara-negara lain.
Pada tanggal 25 Mei 1981, para pemimpin Uni Emirat Arab, Negara Bahrain, Negara Kuwait, Kesultanan Oman, Negara Qatar dan Kerajaan Arab Saudi bertemu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, di mana mereka menandatangani Piagam mendirikan Koperasi Dewan Negara Arab di Teluk, yang umumnya dikenal sebagai Gulf Cooperation Council (GCC). Dengan tindakan ini, para pemimpin ini dimaksudkan untuk membangun kerangka kerjasama bergabung dengan enam negara untuk mempengaruhi koordinasi, integrasi dan antar-koneksi antara mereka di segala bidang untuk mencapai kesatuan, sesuai dengan Piagam GCC.
Pembentukan GCC Mei 1981 datang sebagai tahap akhir dalam proses dimulai pada bulan-bulan sebelumnya. Pada 4 Februari 1981, pada pertemuan mereka yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Negara Bahrain, Negara Kuwait, Kesultanan Oman, Negara Qatar dan Kerajaan Arab Saudi menekankan perlunya untuk mengkoordinasikan mereka upaya untuk solusi masalah umum melalui pembentukan organisasi regional tujuan lengkap. Pada Maret 1981, pada akhir pertemuan mereka yang diadakan di Muscat, Oman, para Menteri Luar Negeri dari enam negara Teluk mengumumkan keputusan mereka untuk mendirikan Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk, keputusan ini disetujui kemudian oleh Pimpinan kata negara pada 25 Mei 1981.
Pembentukan GCC itu bukan produk saat ini tetapi perwujudan kelembagaan dari, realitas sosial dan budaya sejarah. Dalam agama dan budaya hubungan menghubungkan enam negara, dan hubungan kerabat yang kuat berlaku di masyarakat. Semua faktor ini, disempurnakan oleh satu kesatuan geografis membentang dari laut ke padang pasir, telah memfasilitasi kontak dan interaksi di antara mereka, dan menciptakan nilai-nilai dan karakteristik homogen. Oleh karena itu, sementara, di satu sisi, GCC merupakan kelanjutan, evolusi dan pelembagaan realitas lama berlaku, itu, di sisi lain, jawaban yang praktis terhadap tantangan keamanan dan ekonomi pembangunan di daerah. Ini juga merupakan pemenuhan aspirasi warganya terhadap semacam kesatuan wilayah Arab.
GCC dikembangkan lebih lanjut di bidang kerja sama militer. Selama sesi ke-21 Dewan Tertinggi diadakan di Kerajaan Bahrain pada tanggal 31 Desember 2000, Kepala Negara dari negara-negara GCC menandatangani Joint GCC Pertahanan pakta. Pakta itu merupakan puncak dari beberapa tahun kerjasama militer. Ini merupakan penegasan semangat dari Amerika GCC untuk mendirikan pertahanan bersama untuk menangkal bahaya eksternal mengancam mereka. Pakta tersebut berisi ketentuan untuk lembaga Dewan Pertahanan Bersama dan Dewan Militer Tinggi yang berasal dari itu. Anggaran Rumah Tangga serta mekanisme telah digariskan untuk berfungsinya masing-masing dua mayat.
Negara-Negara GCC memiliki perbatasan darat dengan Irak, Yordania dan Yaman . Sejak penciptaan dewan pada tahun 1981 keanggotaannya belum diperluas, dengan semua anggota menjadi monarki Arab. Iran dan Irak, yang juga berbatasan dengan Teluk Persia, bukan anggota antara lain:
·         Iran
Pada 2012 Manama KTT Desember negara-negara GCC menyerukan diakhirinya campur tangan Iran dalam urusan internal mereka.
·         Irak
Asosiasi keanggotaan Irak di lembaga-lembaga tertentu yang berhubungan dengan GCC dihentikan setelah invasi Kuwait. GCC negara telah mengumumkan bahwa mereka mendukung dokumen The International Compact dengan Irak yang diadopsi di Sharm                  El-Sheikh pada tanggal 4-5 Mei 2007. Ini panggilan untuk integrasi ekonomi regional dengan negara-negara tetangga. Saat ini, banyak pengamat berpikir bahwa ada kemungkinan yang sangat rendah aksesi Irak untuk GCC, tapi ini bisa berubah di masa depan seperti Irak mengembangkan produksi sumber daya minyak.
·         Yaman
Yaman adalah (saat ini) dalam negosiasi untuk keanggotaan GCC, dan berharap untuk bergabung pada tahun 2015. Meskipun tidak ada pantai di Teluk Persia, Yaman adalah negara di semenanjung Arab yang berbagi budaya umum dan sejarah dengan anggota lain dari GCC. GCC telah menyetujui aksesi Yaman kepada Otoritas Standardisasi GCC, Organisasi Teluk untuk Konsultasi Industri, GCC Audit dan Otoritas Akuntansi, Teluk Radio dan Otoritas TV, GCC Dewan Menteri Kesehatan, GCC Pendidikan dan Pelatihan Biro, GCC Dewan Perburuhan dan Sosial Menteri, dan Gulf Cup Football Tournament. Dewan mengeluarkan arahan bahwa semua langkah hukum yang diperlukan harus diambil               sehingga Yaman akan memiliki hak dan kewajiban yang sama dari negara-negara anggota GCC di lembaga tersebut.

·         Yordania dan Maroko
Pada Mei 2011 permintaan Yordania untuk bergabung dengan GCC, yang telah terlebih dahulu diserahkan 15 tahun sebelumnya, telah diterima dan Maroko diundang untuk bergabung dengan serikat. Pada September 2011 rencana ekonomi lima tahun bagi kedua negara dikemukakan setelah pertemuan antara menteri luar negeri kedua negara dan orang-orang dari Amerika GCC, pertemuan pertama sejak Mei GCC yang termasuk Yordania dan Maroko menteri. Meskipun rencana aksesi sedang melihat ke dalam, tercatat bahwa tidak ada jadwal untuk aksesi baik, dan diskusi tersebut akan dilanjutkan.
Sebagai Yordania dan Maroko adalah dua monarki Arab saat ini tidak di dewan, anggota saat melihat mereka sebagai sekutu potensial yang kuat. Yordania berbatasan anggota Arab Saudi dan ekonomis terhubung ke negara-negara Teluk. Meskipun Maroko tidak dekat teluk, para menteri luar negeri Maroko Fassi Fihri Taeib mencatat bahwa "jarak geografis ada hambatan untuk hubungan yang kuat".

  Bentuk-Bentuk Economics Integration Dari Blok Perdagangan Arab 
               Integrasi ekonomi merupakan salah satu bentuk usaha negara-negara yang berada dalam satu kawasan untuk bekerjasama. Integrasi ekonomi memiliki beberapa tahapan menurut Salvatore dimulai dari preferential trade arrangements, free trade agreement, customs union, common market, dan hingga akhirnya menuju ke economic union yang merupakan tahap tertinggi dalam integrasi ekonomi. Di dalam common market  ini, negara-negara melakukan konsolidasi kegiatan perekonomian guna meningkatkan potensi ekonomi masing-masing dengan cara: pertama, menghapuskan hambatan perdagangan, dan kedua, membuat suatu kebijakan ekonomi tunggal. Kebijakan-kebijakan tersebut akan mengikat interaksi ekonomi diantara para anggota kepada negara non- anggota.
Memperkenalkan mata uang tunggal GCC dan membentuk Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk Moneter Uni adalah buah dari tahap integrasi ekonomi selama ini. Ini akan meningkatkan keuntungan dari integrasi ekonomi dan meningkatkan keuntungan dari Uni Bea dan pasar Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk (GCC) Umum, dengan menetapkan Uni GCC Moneter. Selanjutnya, memperkenalkan mata uang tunggal GCC akan berdampak banyak pada berbagai sektor ekonomi, terutama perdagangan intra-GCC, pariwisata dan investasi. Dampak akan sangat merefleksikan jasa keuangan dan pasar modal, yang akan mencapai peningkatan pertumbuhan dan perkembangan dipercepat.


Pengaruh Pembentukan Blok Perdagangan Arab Terhadap Perekonomian Negara Blok Perdagangan Arab

Kekayaan Uni Emirat Arab berdasarkan pengeluaran minyak dan gas yaitu 33% dari GDP negara itu. Emirat Arab adalah negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi. Uni Emirat Arab terletak di barat daya Asia dan dikelilingi Teluk Oman dan Teluk Persia diantara Oman dan Arab Saudi. Ia adalah sebuah negara yang mempunyai dataran yang kering kerontang dan mempunyai padang pasir yang luas dengan gunung-gunung disebelah timur. Kedudukan strategisnya menjadikannya tempat persinggahan ekspor dan impor minyak dunia. Dengan mata uang tunggal GCC akan berdampak banyak pada berbagai sektor ekonomi, terutama perdagangan intra-GCC, pariwisata dan investasi.


  Perdagangan internasional tidak bisa dipisahkan dengan hubungan antar negara. Tiap negara perlu kerjasama dengan negara lain. Pengertian kerjasama ekonomi bilateral adalah kerjasama di bidang ekonomi yang hanya melibatkan dua negara. Hubungan kerja sama bilateral umumnya bersifat dinamis atau mudah menyesuaikan diri dengan kebutuhan bersama yang dihadapi dan meliputi berbagai bidang. Dampak kerjasama ekonomi regional dan internasional yaitu:
1.  Kerjasama untuk memperlancar perdagangan regional dan internasional;
2.  Bentuk kerja sama pengaturan perdagangan komoditi;
3.  Adanya kerja sama di berbagai bidang.
Dewasa ini kerjasama ekonomi regional diperkirakan akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi internasional. Menguatnya ratifikasi hubungan kerjasama  antarnegara satu blok menandakan tengah berlangsung suatu pola yang menghendaki adanya komunitas yang memunculkan mutualisme dalam interaksinya.               Sebut saja seperti NAFTA (North Atlantic Free Trade Agreement), EU (Europe Union), LAFTA (Latin America  Free Trade Association), ACC (Arab Cooperation Council) dan AFTA (ASEAN Free Trade Area).
            CCASG (Cooperation Council for the Arab States of the Gulf) atau juga biasa disebut  GCC (Gulf Cooperation Council) adalah persatuan politik dan ekonomi dari                      negara-negara Arab yang berbatasan dengan Teluk Persia dan terletak di atau dekat Semenanjung Arab. Perdagangan internasional, motif berulang dalam sejarah daerah strategis ini, berkembang juga pada masa kemudian, difasilitasi oleh domestikasi dari unta pada akhir milenium kedua SM. Dengan lalu lintas darat AD kafilah abad pertama antara Suriah dan kota-kota di Irak selatan dimulai. Ada perjalanan yang berlayar di laut ke pelabuhan penting Omana (mungkin saat ini Umm al-Qaiwain) dan kemudian ke India. Rute ini adalah sebuah alternatif untuk rute Laut Merah yang digunakan oleh Roma.
Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk, juga dikenal sebagai Gulf Cooperation Council (GCC), adalah kesatuan politik dan ekonomi dari negara-negara Arab yang berbatasan dengan Teluk Persia dan terletak di atau dekat Semenanjung Arab,                                    yaitu Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Yordania dan Maroko telah diundang untuk bergabung dengan dewan. Pada tanggal 25 Mei 1981, para pemimpin Uni Emirat Arab, Negara Bahrain, Negara Kuwait, Kesultanan Oman, Negara Qatar dan Kerajaan Arab Saudi bertemu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, di mana mereka menandatangani Piagam mendirikan Koperasi Dewan Negara Arab di Teluk, yang umumnya dikenal sebagai Gulf Cooperation Council (GCC).
GCC dikembangkan lebih lanjut di bidang kerja sama militer. Selama sesi ke-21 Dewan Tertinggi diadakan di Kerajaan Bahrain pada tanggal 31 Desember 2000, Kepala Negara dari negara-negara GCC menandatangani Joint GCC Pertahanan pakta. Pakta itu merupakan puncak dari beberapa tahun kerjasama militer. Ini merupakan penegasan semangat dari Amerika GCC untuk mendirikan pertahanan bersama untuk menangkal bahaya eksternal mengancam mereka. Integrasi ekonomi merupakan salah satu bentuk usaha negara-negara yang berada dalam satu kawasan untuk bekerjasama. Integrasi ekonomi memiliki beberapa tahapan menurut Salvatore dimulai dari preferential trade arrangements, free trade agreement, customs union, common market, dan hingga akhirnya menuju ke economic union yang merupakan tahap tertinggi dalam integrasi ekonomi.
Kekayaan Uni Emirat Arab berdasarkan pengeluaran minyak dan gas yaitu 33% dari GDP negara itu. Emirat Arab adalah negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi. Uni Emirat Arab terletak di barat daya Asia dan dikelilingi Teluk Oman dan Teluk Persia diantara Oman dan Arab Saudi.

You Might Also Like

0 komentar

THANK YOU FOR COMING

authorThank you for coming to my blog.
Learn More ?



OUR CONTACT

Contact person Nely Aulia : For any business inquiries please contact me through : LINE @ : @jpz0431x (use @) Email: nely_aulia@yahoo.co.id Thank you~

Q OR A

Name

Email *

Message *